Jakarta – Perusahaan teknologi asal Taiwan Foxconn Technology Group bakal agresif membangun pabriknya di Cikande, Serang, Banten yang akan beroperasi akhir tahun ini. Sebanyak 50.000 karyawan bakal direkrut.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menyatakan, Foxconn akan mengeluarkan dana investasi sekitar US$ 5 miliar hingga US$ 10 miliar. Untuk tahap awal, Foxconn bakal membangun pabrik di kawasan industri cikande dengan luas lahan 5.000 meter persegi.

“Investasi yang mereka keluarkan untuk sampai pada 10 juta unit per tahun tersebut sekitar US$ 5 miliar-US$ 10 miliar, dan diharapkan

bisa menyedot tenaga kerja untuk tahap awal sekitar 50.000 karyawan,” kata Gita di Jakarta, Minggu (19/8/2012).

Dikatakan Gita, pada tahap II, Foxconn akan menambah luas area pabriknya sebesar 400 meter persegi hingga 1.000 meter persegi lagi, sehingga diperkirakan kapasitas produksinya mencapai 10 juta unit per tahun.

Seperti diketahui, Foxconn Technology Group adalah perusahaan manufaktur yang berasal dari Taiwan yang memproduksi komponen-komponen elektronik untuk beberapa merek terkenal seperti Apple dan Nokia.

ModernCikande Industrial Estate (MCIE) menjadi calon kuat lokasi pembangunan pabrik Foxconn. Hari ini rencananya pihak Foxconn akan memutuskan apakah lokasi tersebut menjadi lokasi pabrik mereka.

Foxconn akan menggunakan lahan 5.000 meter persegi untuk pabrik perakitan HP mereka. Foxconn akan membeli pabrik dengan luas 4.000 meter persegi yang rencananya akan direnovasi di kawasan ModernCikande Industrial Estate.

detik.com

 

 

 

 

Iklan